Review Melahirkan Saat Pandemi di RS MMC, Kuningan

Melahirkan Saat Pandemi di RS MMC, Kuningan.

Lahiran anak kedua ini, aku emang mutusin mau rumah sakit yang beda sama pas lahiran si Abang. Dulu aku lahiran di satu RS Prem*er di Jatinegara. Jujurly aku dulu kurang puas karena waktu itu dapet kamarnya di beda lantai sama kamar anak, jadi anaknya keburu nangis kejer duluan sepanjang jalan ke kamar aku gitu kan. Dan dulu rooming in yang bener2 kita ditinggal aja berdua sama baby di kamar. Sama emang dulu namanya anak pertama gak paham apa2 jadi aku gak pilih2 banget sama dr obgynnya. Dulu jg manut2 aja disuruh SC walaupun rasanya emang mules2nya belum berasa. Nah di anak kedua ini aku lebih ngerti lah dan pilih2 gitu. Berhubung sebelum ini udah ngerasain dirawat di MMC karena GERD (Baca disini untuk cerita GERD ku : My GERD Story) dan selama ini servicenya selalu oke, kemudian juga nemu review dokter obgyn yang terluv dari civemama, akhirnya ku mantap pilih lahiran di RS MMC.

Baca disini untuk pengalaman lengkap melahirkan VBAC ku: My 2nd Birth Story Pengalaman VBAC 

Jadi begitu aku ngerasa mules2 teratur pagi itu kan langsung ke RS. Karena dari awal emang gak ada rencana SC, dan dihimbau untuk mulai tes PCR itu kalau udah after 38w, aku belum punya tuh hasil tes PCR nya. Tapi Alhamdulillah kita gak disulitkan banget proses administrasinya sama MMC. Kalo cerita orang kan ada yang mesti nunggu hasil PCR nya di UGD kan campur orang2 yang sakit apaan tau, belum boleh masuk ruang bersalin gitu sebelum ngantongin hasil PCR. Kalo di MMC gaak, aku langsung boleh itu dateng ke ruang bersalin di lantai 2, nunggu di sana sambil nunggu bukaan (Dr Ervina udah nelpon bidan yang di perina kalo aku mau dateng, jadi langsung dibukain pintunya dan diurusin sama bidan). Nanti orang lab nya yang dateng untuk tes PCR aku, sedangkan suami disuruh ke lab di bawah untuk tes Swab Antigen. Nah hasil swab PCR aku baru keluar jam 7 malem, dimana pas itu udah kontraksi makin tinggi. Alhamdulillah hasilnya negatif jadi lanjut VBAC bisa.

Kelar lahiran jam 11 malem, aku dipindah ke ruang observasi which is di sebelah ruang bersalin. Anakku langsung dibawa bidan ke kamar bayi sampe besok pagi agak siangan itu baru dianterin ke kamar observasi. Siangan jam 2 gitu kita baru dipindah ke lantai 9 ke kamar rawat inap di Sujudi Executive Ward. Jadi kamar rawat inap untuk non covid itu gedungnya beda sama gedung rumah sakit. Nah walaupun kamar bayi sebenernya di lantai 2, tapi MMC jadi nyediain kamar bayi tambahan di lantai 9 supaya bayinya gak banyak pindah2 lantai, cuma sekali pindah itu yang tereksposnya -> this is a very good procedure! Daan di lantai 9 itu ternyata cuma kita doang yang abis lahiran! Jadi bidan di lantai 9 tokk cuma ngurusin bayi kitaa si Saka. Enak bangeet serasa eksklusif hahaa.

Review Perawatan di RS MMC

Selama 3 hari itu di RS, bidan amat sangat  membantu kita. Bener2 jadi berasa emang kita tuh di RS dirawat untuk pemulihan gitu. Sebisa mungkin bidannya megang anak kita kalo gak kepepet banget baru bangunin aku untuk disusuin. Bidannya sampe bilang gini:

 "Ibu kalo bisa pompa aja ASI nya, supaya malem ibu bisa istirahat jadi bayinya kita yang minumin".

OOMG aku kayak terharu banget, pas di RS P jaman lahiran Abang mah boroboroo kita dilepas aja ituu semaleman bayi rooming in ya bener2 di kamar kita terus jadi kita juga kurang istirahatnya. Dan pompa ASI juga disediain kalo kita gak bawa. Aku bawa sih, dan tiap abis pompa itu pompanya nanti dibalikin sama bidan dalam keadaan steril bersih langsung siap pake lagii. Nah tapi kebetulan Saka minumnya juga kuat jadi ASIP yang kukasih gak cukuup (dan emang masih dikit juga sih yang kepompa awal2 kan), jadi Saka tetep ada dianter ke kamarku tengah malem buat disusuin, tapi abis itu aku tinggal panggil lg susternya buat minta panggilin bidan, dan Saka dijemput balik ke kamar bayi lagi dehh. Kita pun bisa istirahat lagi.

ASI perah di 3 hari pertama


Semua suster dan bidan juga baik dan ramah bangett. Gak ada tuh cerita bidan yang galak suka marahin gitu nopee. Komen2nya juga gak ada yang nyinyiir. Walaupun aku gak apal muka bidannya mana yang waktu itu nemenin aku pas lahiran, tapi mereka ingeet. Ya mungkin karena mereka pake masker terus dan aku gapernah pake masker kali ya hahah. Pokonya kalo aku ngeluh tulang ekornya masih sakit banget gitu, mereka selalu bilang 'iyaa babynya gede sih soalnya yaa 3.7 kg aduh buu' gitu. Gak ada tuh yang kayak meremehkan sakitku atau apapun yang menyakitkan hati hahaa.

Oiya karena pandemi ini juga jadi gak ada orang yang jenguk kan ya. Plus minus sih sbnernya. Plusnya emang kita jadi full istirahat dan pemulihan, gak ribet sana sini, minusnya yaa sedih aja sih sepi hahah.



Anyway karena kita ambil kamar VIP, kita dapet paket foto newborn gratiss dari sweet escape. Fotonya pas dijadwalin bareng sama pertama kali kita kontrol ke DSA seminggu setelah kelahiran biar gk bolak balik. Fotografernya kayak udah pro juga sih megang bayi newbornnya. Daan selama proses foto itu didampingi sama bidan (karena emang fotona ya juga di perina di RS yah) jadi amaan. Asik yaa hihi!



Sekian review dan cerita pengalamanku melahirkan di RS MMC. Semoga membantu mama2 sekalian yang lagi pilih2 RS yaa. Jangan lupa komen dan share kalau merasa postingan ini berguna :)


Cheers,

OKKY

Post a Comment

2 Comments