My GERD Story

lambung yang gassy


GERD udah tau lah ya apa. Gastro itu lah. Penyakit yang baru jaman sekarang jadi beken ini. Yaa mungkin karena term itu baru muncul sekarang juga gw jadi baru tau kalo gw selama ini itu GERD. Taunya asam lambung aja tapi emang parah banget. Kayak apa sih GERD yg gw rasain? Gini nih..

    1. Tiap pagi muntah-muntah asam gitu apalagi selama di Riau dulu. Muntah asam maksudnya keluar gitu ya kuning-kuning asamnya. Padahal makannya mah teratur banget namanya di mess kan gak pernah telat deh. Tapi ya emang jaman kuliah sih sering makan telat gitu namanya penyakit anak kosan.
    2. Perut kembung mulu. Begah gak nyaman gitu deh.
    3. Gelegean terus padahal gak abis makan juga. Makan gak banyak-banyak banget juga gelegean. ini karena perutnya gassy.
    4. Telat makan dikiiiit aja mual. gabisa banget perut kosong. Oiya ini penting. mualnya itu beda sama mual yang standar, kalo mual standar itu kan biasanya diawali dengan liur yang membanyak kan, kalo ini gak, tau2 aja huek gitu! tapi ya gak lgsg ada yang keluar juga ya.
    5. Perutnya berisik! Laper juga gak tp krucukan gitu kan malu2in huft
    6. Night pain. Malem pernah kebangun karena dadanya sakit banget gitu tp ini gak sering sih. 

So singkat cerita, laki gw udah sebel banget sama penyakit gw ini kan. Dia bertekad ayo ke dokter profesor sekalian biar bener nih. Dulu fyi pas jaman di Riau itu gw udah ke internis gitu padahal, dikasih obatnya standar aja tuh Inpepsa aja jangka panjang. Udah gak ngaruh lagi ke gw itu obat. Jadi selama ini kalo lagi kambuh-kambuh gitu gw senjatanya ya Omeprazole sama Ranitidine (yang belakangan ijinnya dicabut tp udah boleh lg katanya). Nah jadi back to topic, akhirnya gw disuruh searching dokter bagus di jakarta khusus Gastro, jadi yang spesialis Gastroenterohepatologi - gelarnya KGEH gitu. Hasil searching2 kan nemu di MMC itu dia punya Digestive Center sendiri, dan dokternya Prof semua disitu. Searching lagi lah gw google kan nama-nama dokter yang terkenal itu, nemu nama Prof. Dadang Makmun di berbagai forum: female daily, kaskus, you name it deh haha thorough bgt research gw mah kalo review. Ada lagi sih emang dokter-dokter lain yang terkenal juga, tapi pada jauh-jauh prakteknya. Ini yang terdekat keknya udah.


Review Prof. Dadang Makmun Sp.PD-KGEH


Ketemu Prof Dadang, wah baik banget emang. Ramah dan nyunda bangeet dan keliatan pinter gitu soalnya pas diceritain semua masalah kan keliatan juga dengerin semua dan mikirin masalah kita juga. Abis gw ceritain kan sambil bawa hasil endoskopi lama yang di riau dulu, jadilah disuruh endoskopi ulang gw untuk tau masalahnya apa, nanti dikasih pengobatan 3 bulan abis itu endoskopi ulang lagi untuk liat impactnya. Dijadwalkan lah gw endoskopi di weekend itu karena ternyata mesti nginep. Padahal dulu gw endoskopi di Riau Ek* Hospital itu gak pake nginep2 dan puasa atau kuras perut, koboi banget yak.

Endoskopi

So ternyata untuk endoskopi itu gw perlu puasa 1 hari berbekal minum susu protein, dan kuras perut 1 hari juga berbekal dulcolax dan cairan niflex ato apa namanya dikasih sirup biar enakan. Tep aja kembung bgt gw minum air 2 liter. Apalagi pas efek dulcolax muncul, itu gw bolak balik kamar mandi semaleman ampe pupnya air bening cuyy. Nginget kalo 3 bulan kemudian mesti ngulang lagi aduh males banget ampun ahahaa.

Pas endoskopi, kita dipakein baju yang belakangnya diiket doang itu yg belakangnya bolong, trus pake celana kek bahan plastik yang bagian pantatnya bolong juga hahha. trus posisi badan suruh miring kaki kanan di atas kaki kiri, mulut suruh gigit sesuatu yang buat tempat masuk selang berkameranya itu, abis itu baru dibius deh dan hilang kesadaran kita. Sadar-sadar udah di ruang recovery masih dengan posisi yang sama. Gak ada rasa sakit samsek sih.

Hasil endoskopi gw, ada luka di usus halus, lambung merah-merah, dan kerongkongan kulitnya ngelupas2 gitu karena GERD nya. Dikasihlah obat gw sebelum makan Lansoprazole, Salofalk, Racikan, trus setelah makan Budenofalk. Kontrol sebulan sekali, dan bulan ketiga endoskopi ulang.

Sekarang ini gw udah endoskopi ulang, dan hasilnya alhamdulillah luka di usus halus gw udah completely healed. Tinggal GERD nya jadi obatnya mulai dikurangi tapi masih lanjut 2 bulan lagi. Panjang banget ya pengobatannya? Tapi emang membaik banget sih sekarang gw udah jarang mual-mual dan muntahnya. Kecuali kalo stres ya mungkin muncul itu si mualnya ato telat makan ato gak jaga makan.

Jadi yang gaboleh gw makan itu: coklat, keju, pedes, asem, mie. SEDIH GAN! 😭


Iya jadi kalopun nanti gw sembuh, lifestyle tetep harus dijaga. Kalo mau cheat day ya asal tau sendiri akibatnya kambuh kayak apa. Pernah gw cheat sekali trus lgsg kembung mual, tp karena salah sendiri kan jadi gak bilang-bilang laki gw deh takut dimarahin huahahah.

Sekian cerita GERD gw. Semoga kalian yang lagi cari dokter buat GERD-nya menemukan yang cocok ya~

Regards,

OKS

Post a Comment

0 Comments