Cara Klaim Garansi Water Heater Ariston

Jadi di rumah kami kebetulan pakai water heater merk Ariston. Pertama beli tuh jaman aku hamil Aizar, tiap mandi suka gemeter karena exhaust fan di kamar mandi kenceng beneer hahah. Terus dipake sekitar 2 taun tau2 bocor. Kita ganti lah beli baru via tokped. Nah abis itu, tau2 rusak lagii padahal baru 1 taun lebih gitu doang. Kita beli yang di tokped itu Desember 2019, dan rusak awal April 2021. Langsung ketar ketir gimana ini padahal bentar lagi brojool mau lahiran Saka kan. Mau beli lagi kok kayak gak ikhlas kenapa cepet banget rusaknya. Akhirnya coba nih urus garansi. Gimana sih caranya?

Awal2 aku kontak WA Service centernya di +62 812-1350-1911 di tanggal 3 April. Diminta data berikut:

Selamat Pagi Bapak/Ibu dapat mengisi data data berikut

  • Nama Lengkap :
  • Alamat Lengkap : 
  • Kota : 
  • Kelurahan / Kecamatan :
  • Nomor Telp : 
  • type Water Heater : 
  • Serial Number : 
  • Tanggal Pembelian :
  • Tempat Pembelian :
  • Laporan service untuk : Pemasangan / Perbaikan / Maintenace / Tangki bocor  (pilih salah satu)
Jika Unit masih dalam masa garansi Bapak/Ibu wajib menunjukkan Kartu garansi dan Nota Pembelian pada saat dikunjungi oleh Service Center.

Nah untuk garansi itu katanya 5 taun jangka waktunya. Diminta nota pembelian kaga ada kan udah kemana tau, tapi untungnya ada fotonyaa. Itu pun karena sebenernya dikirimin fotonya sama tokonya hahaa. Terus kalo kartu garansi jelas ada, cuman kita gak ngisi dan ngirim sebelahnya itu kan (kan biasanya kalo kartu garansi ada yang sebelah buat kita, sebelah buat toko yang mesti dikirim itu kan dirobek). Tapi gapapa ternyataa.

Abis aku isi list di atas, diinfo lagi sbb:

Terimakasih untuk informasinya, jika nanti bapak/ibu dikunjungi oleh pihak service center apabila unitnya masih bisa di perbaiki atau sudah tidak dapat diperbaiki, bapak/ibu akam dikenakan biaya. Jika water heater bocor dari bagian tangki sudah tidak dapar di perbaiki namun jika water heater masih masuk dalam garansi bisa kami bantu ajukan untuk pergantian unit baru syaratnya harus ada nota pembelian asli dan kartu garansinya

Nah jadi aku ditawarin dilakukan pengecekan lah tuh. Tapi belum ada follow up apa2. Tgl 4 aku follow up, tgl 5 follow up lagi. Akhirnya teknisi aristonnya ngehubungin aku tgl 7 nya, dan finally dicek tgl 8 April. Pas dicek itu dicek juga kartu garansinya sekalian dan lolos yey haha. Karena ternyata memang tangki di aristonnya yang bocor, jadi dia bantu urus deh untuk ganti baru horee! In the mean time, menurut teknisinya aristonku yang sekarang terpasang masih gapapa dipake dulu ajaa selama bocor nya masih di tanda merah dan biru boleh di pakai. Alhamdulillah pas Saka udah dirumah bisa tetep pake air anget dari kamar mandi langsuung. Anyway berikut foto unitnya pas bocor:

ariston an 15 r

Akirnya tgl 26 April datanglah unit baruu dengan seri terbaru. Tapi dia gak langsung dipasangin loh cuma drop barang doang. Lalu kita bingung dong ini dipasangin juga gak sih? Alhasil aku kontak lagi teknisi yang dulu ngecek unit ariston aku kan. Tapi tak dibalas heei haha sampe aku WA lagi tgl 17 May, dia bilang suruh kontak WA Service Center. Ternyata mesti isi lagi itu list, tapi kali ini pilihnya pemasangan. Kena biaya 135rb yah gitu katanya. Oke. 

Dan akhirnyaa terpasanglah ariston barukuu di tanggal 19 May hahha! ini dia fotonya setelah terpasang:

ini unit terbaruu lebih ramping dan kece kan haha

Jadi intinya gitu yaa cara klaimnya Alhamdulillah gak disulitkan. Emang ada keluar biaya, tapi daripada biaya beli baru kan yaak. 

Oiya dari yang masangin, kita diinfo kalo garansinya ini cuma berlaku 1x ganti unit baru doang yaa. Jadi kalo rusak lagi gitu gabisa lagi nih ganti unit barunya. Semogaa gak rusak bocor lagi ya haha.

Sekian infonyaa semoga membantu yaa. Kalo kamu pake water heater apa? yuk share di komen sekalian reviewnyaa


Regards,

OKS

Post a Comment

1 Comments

  1. Hai ka aku mau curhat nih. Agak sedikit kecewa sih ama home servicenya ariston ini. Jadi ketika kedatangan ditagihkan 175 (pdhl infonya 145) untuk biaya pengecekan. Lalu diinfokan akan diganti baru karena memang garansi masih ada. Ketika datang barang baru, ditagihkan 550 dengab rincian pasang baru 175, bongkar yg lama 100, onkir bolak balik (???) 150 dan ganti selang 125. Yang total2 jadi 550. Mang sih ganti baru, tapi kok aku ngerasa ini ada yg di markup. Hemmm. Kaka kok gak kejadian gitu. Apa teknisinya gak minta atau emang udah dari awal konfirmasi ke CS aristonnya?

    ReplyDelete