Ke Dokter Gigi Anak Saat Pandemi

Ke Dokter Gigi Anak Saat Pandemi, serem gak sih?


Hej!
Kali ini aku mau cerita pengalaman bawa Aizar pertama kali ke Dokter Gigi Anak. Jadi gigi Aizar itu bagian atas samping ada yang karies, belum sampe bolong sih tapi kalo kita pegang udah gak rata kayak terkikis gitu lapisan luarnya dan warnanya kayak kuning kecoklatan gitu jadinya. Udah rencana mau bawa ke Dokter Gigi tuh dari bulan Februarii, tapi terus terhambat pandemi kan nunggu aman deh gitu dan mikirnya belum yang urgent darurat banget. Eh tau-tau ampe sekarang kan gak ada perkembangan bagus jg kan si corona ini, jadi yaudah lah hajar aja daripada nunggu sakit ngilu gitu kan kasian juga anaknya nanti malah takut juga. Jadilah kita mikir yaudah bawa aja deh sekarang gitu kan. Cari-cari tuhh harusnya Spesialis Konservasi Gigi Anak atau KGA kan, klinik-klinik terdekat rumah itu pada gak cover asuransi kita, jadi akhirnya balik lagi ke Brawijaya Hospital hahaa.

gigi atas depan
Gigi atasnya yang ini nih di depaan

Nah sebelum kita bawa ke Dokter Gigi beneran, aku sounding-sounding dulu nih ke Aizar. Baca buku tentang anak ke Dokter Gigi yang dulu aku beli pas nemu sale di fx haha judulnya Open Wide, trus main role play jadi dokter gigi, nonton youtube anak-anak yang ke dokter gigi kayak apaa, aku ceritain juga kalo nanti dokter giginya pake baju astronot! Oiya aku juga nyontohin ke Aizar nanti pas dokternya mau masukin alat ke mulut Aizar tuh nanti dokternya ngasi liat dulu dan nyontohin ke kuku tangan Aizar lohh kayak gini nihh (sambil mraktekin pas main role play jadi dokter gigi). Semua ini penting yaa biar anak gak kaget dan takut pas udah di dokternya.

open wide
Buku Open Wide by Julia Moffatt & Anni Axworthy

Trus gimana selama pandemi itu gak takut bawa anak ke RS? Ya takut. Mana anak gamau pake masker pula dilepas-lepas mulu. Makanya kita beli face shield juga buat Aizar, dan untungnyaa dia mau pake selama di RS haha. Dan ternyata yahh RS nya sepiii banget gapake antri deh! Oiya karena kita juga gamau bolak balik RS jd mumpung di RS kita selesaikan deh semua urusan sekalian vaksin! Vaksin Aizar tuh masih utang belum pengulangan influenza yang udah telat mestinya dari taun lalu hahaa. Seperti biasa kita daftarnya kalo vaksin ke Dr.Atilla, sedangkan untuk Dokter Gigi kita ke drg. Eka S Shofiyah, SpKGA. Kebetulan jadwalnya deketan jadi kita bisa ke drg dulu baru vaksin.

Jadi kita berangkat jam 1an kan setelah makan siang, turun dari mobil pake face shield buat Aizar dan aku sama papa Aizar pake masker aja sih. Sampe sana, ternyata kalo mau vaksin sama berobat ituu dipisah lantainya. Maksudnya biar yang sakit sama yang gak itu gak ngumpul campur di 1 lantai. Kalo vaksin di lantai 3, berobat di lantai 5. Berhubung Aizar mau ke drg jadi tetep ke lt 5 dulu sih, abis itu pindah ke lt 3. Sampe di lt 5, seperti biasa ukur suhu, BB & TB, abis itu dipanggil deh.

Begitu dipanggil, Aizar ngeliat ke ruang dokternya dan beneran pake baju astronot kan trus dia kayak kaget gitu bengong gangelangkah masuk ruangan haha liat dari luar doang sambil senyum2, dan drg Ekanya jg baik bangeet lgsg ngmg 'Haloo dokter pake baju astronot looh seru kaan!' gitu haha. Selebihnya langsung lancar deh diajak duduk mau, trus depan kursinya emang ada TV kan biar dia teralihkan dan kebetulan emang yang disetel itu favorit Aizar: Paw Patrol! Bener-bener deh Paw Patrol to the rescue!

Selagi dibersihin dan dicek giginya, ternyata yang mesti ditambel itu total ada 6 gigi, gaes! 2 atas kiri, 2 atas kanan, dan 2 bawah kanan. Belom bolong sih semua tapi udah karies juga sama, yang kayak terkikis jadi coklat gitu. Dan Alhamdulillah bangeet bisa langsung ditambel 6-6nya! yang 4 atas depan itu masih mudah sih, begitu disuruh mangap buat yang bawah itu yang agak susah emang. Tapi Alhamdulillah dokternya juga cekatan gitu tangkas jadi set set beres hahaa! Dan setelah beres semua, Aizar dikasih mainan deh sama dokternya yey jadi seneng bangeet diaa!

Selesai tambal gigi, kita pindah ke lantai 3 deh untuk vaksin. Nunggu sebentar abis itu ketemu dokter Atilla dan langsung set set vaksin haha. Dan langsung dongg vaksinnya 2! influenza sama apa yah kmrn tuh lupa deh aku haha pokonya dengan itu lunas Aizar gada vaksin apa2 lagi selesaii semua yeey Alhamdulillaah! Dan amazingnya Aizar gak nangis juga pas disuntiik cuman takut sampe pegangan aku kenceng banget sih sampe meringis tapi gak sampe nangiis haha hebat banget masya Allah..

Dokumentasi lengkapnya bisa cek channel youtube Aizar yaa disini:


Sekian semoga membantuu hehe

Regards,
OKS

Post a Comment

0 Comments