Nyapih Aizar

By Karlita Threes Octaviany - January 03, 2019




Aizar udah 2 tahun mau 2 bulan, tiap acara keluarga udah selalu ditanyain 'udah disapih belom? udah 2 taun loh'. Laki gw sampe kesel sama gw kayaknya, jadi jawabnya 'nanti pas udah 5 taun'. Dia udah sering banget juga nanyain gw 'rencananya mau nyapihnya kapan?' . Gw juga mau nyapiih tp emg buat relainnya, membuang kemudahan kalo dia kenapa2 tgl sodorin nenen itu emang masih kerasa sayang gitu lohh.

Sebenernya dari sebelum 2 tahun udah sering disounding Aizar untuk berhenti nenen, ceritanya mau nyoba Weaning With Love (WWL) yang beken itu. Pas 2 tahun beneran udah ada tuh nyoba setop, udah jalan seharian, bahkan gw udah berhasil nidurin tanpa nenen dengan cerita sambil elus2 kepala (ini berhasil karena gw pake daster yang gada kancing jd pas dia narik2 minta gw blg gabisaa baju mama gak ada kancingnya tuh), tapi tengah malemnya gw masih kasih tapi (ceritanya mau ngikutin org yg pelan2 gitu, tp keknya salah deh kalo buat aizar). Trus tapian jg besokannya dia malah demam. Apalah mamak ini yg takutan sama bocah demam apalagi ada sejarah kejang. Duh daripada2 deh gw sodorin  aja akirnya hiks. Trus abis dia sehatan, mau nyoba lg eh lanjut batpil (eh ini yak beneran batpil 2 minggu kan, abis sembuh seminggu eh batpil lg parah deh sedih bet). Terus ajaa begitu sampe mau 2 bulan ini. Mungkin itu bentuk protes badannya yang menolak disapih ya haha.

sampe terapi nebu 5x

yang pertama pake dipanasin jg biar ototnya rileks karena banyak batuk

Akirnya sekarang ini pas dia udah dirasa sehat, gw mau coba lagi. Apalagi kayaknya dia udah mulai ngerti kalo dikasitauin. Jadilah, officially start per 2 Januari 2019, gw setop kasih ASI.

Day 1. Seharian gw ngurung diri di kamar (sambil nonton Memories of Alhambra huaaha) biar Aizar gak ketemu dan minta2 nenen, jd dia bobok siang digendong mbah. Pas sore gw keluar kamar, dia gak minta tuh. Pas mau ditidurin malem lah challenge dimulai. Dari mulai bacain cerita sebelum tidur, nyanyi2, elus pala sampe dia guling2 lagi, puk2 lagi, guling2 lagi, jd mulai merengek minta nenen lagi narik2 buka daster gw. Untung pas sore gw udah olesin daun sambiloto yang pait bgt itu (karena gada brotowali) ke nenen gw. Jadi pas dia narik daster gw dengan brutal (udah gada kancing padahal tp bisa tetep kebuka nenen gw saking brutalnya), pas dia nyedot lgsg pait lgsg dilepas sama dia. dia langsung minta 'yang kiri aja' gitu, gw bilang 'sama ajaa pait juga sayang, kan mama udah bilang kalo aizar udah gede nanti nenen mama udah gaenak lagii', trus dia tetep maksa dan cobain sendiri dan langsung dilepas lagi. segeralah dia makin mewek. mungkin baru kayak it hit him gitu kalo nenennya beneran udah gak bisa lagi. broken heart gw. Tapi harus konsisten. gw gendong sana sini, sebentar anteng diem kayak mau tidur, tp masih gak kena, jd dia berontak lg makin marah. Akhirnya gw tidur peluk sambil puk2 dan elus2 kepala sambil cerita. Akhirnya dia diem, mungkin lelah, pas gw kira udah tidur dia gw berenti elus kepala kan, eh dia ambil tangan gw taro pala dia lg suruh elus2 huhu lucuk. jadi gw elus2 lagi sampe lamaa akirnya tidur beneran sampe baru gw lepas.

Selesaikah malam itu? No.

Day 2. Jam 3 pagi dia kebangun minta nenen. Kali ini gaboleh dikasih. Gw gak kasih dan dia ngamuk2. akirnya keluar kamar dan gw gendong tapi gak berhasil kali ini boboin dia dengan segala cara. bener2 ngamuk muntir2 badannya gabisa digendong atopun dipeluk. Akirnya dieminnya gmn coba? kasih tv. hiks. Gak tidur lagi jadinya ampee pagi, baru tidur abis makan dan mandi jam 8an digendong mbah. Gw abis jam 5 udah ngumpet masuk kamar biar dia gak nangis lagi.

Siangnya abis dia bangun, gw udah keluar kamar, alhamdulillah dia gak ada minta nenen lagi. Sampe menjelang malam mau tidur. Mental gw udah siap. gw udah tidur td pagi jam 9-12 haha barengan pas dia tidur juga. Tapi alhamdulillah anak baik pinter banget, cuma minta sekali dan gak ngerengek2 banget, dibilangin sekali 'kan kmrn aizar udah coba, gaenak kan?' trus udah. gw ceritain sambil kakinya gw pijetin karena dia blg 'sakit kakinya', tau2 dia tidur jam 9 kurang itu.

Day 3. Subuhnya tapi kejadian lg, kali ini jam 4 pagi. gapake ndusel2 ato apa, langsung aja nangis jerit2. tapi gw rasa kayak mimpi gitu deh dia. cuman sama, gabisa ditidurin lagi. gw gendong sambil nyanyi, dia merosot gamau digendong tp pas ditaro tangannya ke atas minta digendong masih sambil jerit2. teruus aja begitu. So? gw kasih yutup di hp. HIKS. Tapi alhamdulillah nangisnya gak selama kemaren sih. ampe pagi terus udah. cuman kali ini gw gapake ngumpet dan dia gak ada minta nenen lagi. YEY.

Bismillah untuk malam ini. Katanya siih yg sulit2 ini cuma 3 malam pertama. Kuatkan hamba, ya Allah.

Nanti abis berhasil diupdate lagi ya!

cheers,
OKS

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments