KOMODO TRIP

By Karlita Threes Octaviany - December 04, 2018

Finally! Akhirnya gw tulis juga cerita trip ke komodo jaman jebot ini hahaha. Janji2 jaman dahulu mau tulis semua travel journal tapi gak kesampean wakaka. Dan janji mau cerita trip ini di post yg ini akirnya baru mau ditulis sekarang. Oke markimul (mari kita mulai)! apaan sih ki jijik gw juga.

So, ceritanya ini trip kita jalan bulan maret 2016. yes, udah kawin, tp masih di cepron, sebulan sebelum berenti merantau. Kita pake private trip sama travel punya temen: Arbarim Tour. Plannya tadinya rame, gw dona nando boy dana cika. tapi gaes tetiba muncul berbagai prahara masalah yang akirnya ujug2 cuma gw dona dan nando! leadernya yg ngurus segala macemnya dr arbarim tournya yaitu si boy jg kaga ikut! gelaa hahah mana kita dulu taunya tau beres lagi. itu pun si boy tiba2 ga ikutnya udah di bandara sama kita loh sumpah parah sih gangerti lg. tapi gimana lagi ya namanya musibah mendadak.  Jadilah kita di brief tiba2 sama boy di bandara gitu ngemper, dijelasin satu2 semua itin dan segala macem, ketemunya sama siapa, org kapalnya siapa, dsb. soo, pergilah kita bertiga (paling kasian si nando sih berasa nyamuk kan wuahaha) dengan segala kesotoyan dan duit berlebih karena megang duit dana cika boy yg sudah rela ikhlas untuk kita gunakan.

This is the itin that we have (anyway harga mungkin pasti berubah yaa namanya udah 2 tahun yg lalu):

OPEN TRIP SAILING TRIP KOMODO+OVERLAND FLORES
19-26 Maret 2016 (8hari7malam)

Harga
6-12 peserta Rp 5.500.000/pax

Meeting Point
Labuan Bajo

Fasilitas
Transport penjemputan di bandara Labuan Bajo
Sewa kapal LOB 3 hari 2 malam
Retribusi Taman Nasional Komodo
Makan dan snack selama LOB
Sewa alat snorkling
Penginapan non AC di Labuan Bajo
Transport overland Flores selama 5 hari
Makan 22x
Retribusi Wae Rebo, Kelimutu, Gua Batu Cermin, kampung Bena
Penginapan standar non AC selama 5 hari 4 malam overland Flores
Transport antar ke bandara Ende

Tidak Termasuk
Tiket Pesawat Domisili-Flores PP.
Oleh-oleh dan belanja pribadi.

Itinerary
Hari 1 : labuan bajo, pulau rinca, tidur di pulau padar (L , D)
Hari 2 : pulau padar, pulau komodo, manta point, tidur di gili lawa (B, L, D)
Hari 3 : gili lawa, pulau kanawa, pulau kelor, labuan bajo (B, L, D)
Hari 4 : gua batu cermin, perjalanan ke dintor (B, L, D)
Hari 5 : trekking menuju wae rebo, tidur di wae rebo (B, L, D)
Hari 6 : perjalanan kembali ke dintor, tidur di bajawa (B, L, D)
Hari 7 : kampung bena, perjalanan menuju moni, tidur di moni (B, L, D)
Hari 8 : gunung kelimutu, perjalanan menuju ende, sayonara (B, L)

Sampe di labuan bajo, kita langsung ke pelabuhan dan ketemu sama nahkodanya. I have to say, makanan selama di kapal ini men enak2 semua dan semua makanan lautnya seger2 bgt. masaknya jago2 bgt maak! dan in actual perjalanan kita gak ngikutin itin samsek jdnya huahha. pin point pertama langsung ke padar kitaa. manjatnya capek dan mayan sulit sih batu2 gitu jg kan. tapi worth it bangeet bagus bgt sumpah!

tim komodo pintar: gw, dona, nando

pulau padar, yg motoin nando dong tentunya
yang gw inget, ada 1 malam yg kita tidur di 1 pulau dimana itu kita sendiri doang disitu. pdhal kalo malem sblumnya kita sebelahnya banyak kapal2 lain. anyway di pulau ini gw sempet liat padahal ada larangan gaboleh nginep situ karena ada buaya! eeh ama nahkodanya si tanda tulisan larangan itu dia lgsg umpetin. nakal! hhaaha.
dan disitu juga, panas bgt parah gak ada angin, ampe keringet kemeliket gw keluar tidur di luar, tp banyak bgt nyamuk. serba salah dah. si nando aja ampe tidur ke atas gitu di luar kalo gasalah.

pulau kelor ya? apa gili lawa? lupa euy
 nah besokannya kita ke pulau komodo! FYI, pas ke komodo ini jadwal gw mens sebenernya tp belum mens kan. yg gw tau, komodo itu penciumannya tajem bgt, jd kalo ada yg lg mens itu harus diawasin dg ketat karena bisa2 dikejar komodo! gila gw dagdigdug bgt sih. dan bener aja pas nyampe di komodo rasanya ada tuh yg serr serr gitu kan kek serasa lg dapet, gw lgsg bilang ke rangernya, 'duh pak kayaknya saya mens nh pak gimana nh', trus si bapa bilang dengan santai 'oh seru dong jadinya mbak nanti komodonya lebih agresif!'. dan beneran dong komodo yg biasanya pada geraknya pelan2 gitu ini bisa ada yg dari jauh jalan cepet ke arah kita! HUHU TAKUT BGT!

trus sampe akirnya ada kamar mandi kan, gw lgsg ngecek ke kamar mandi, dan ternyata GW GAK MENS DONG. APA APAAN.
TRUS KENAPA KOMODO PADA NGEJAR GW??
halu ye.

kalo kata rangernya, jarang2 nemu komodo di bukit sini. dari tadinya gw gamau foto sendiri, akirnya memberanikan diri buat foto sambil tangan keringetan pegang tongkat

singkat cerita, setelah di kapal kita balik ke labuan bajo dan nginep di hotel cakep huahaha dan rasanya enak bgt mandi dan tidur di tempat yang proper! abis itu lanjut ya ke road trip ke wae rebo, kelimutu, flores. ini berat banget ternyata gaes. serius. perjalanannya super belok2 dan jauh bgt dan wah supir sana emang nge-rock bgt kalo nyetir. gw sampe minum vometa biar gak muntah berkali2.

Di kaki desa ke wae rebo, kita 1 grup gabung sama 3 org lain. trekkingnya mayan sih, tp gak terlalu parah kayak pulau padar dll. tapi 3-5 jam apa yah klo gasalah tuh perjalanannya. trus kita nginep 1 malem di wae rebo inii. pagi2 dibangunin ayam haha. seru!

Wae Rebo Traditional Village
oiya makanan yang selalu kita dapet disana tuh yaa: nasi jagung. pas di desa dintor dong nasi mi goreng ahaha. gitu aja udah enak weh rasanya.

oiya, pulang dari perjalanan panjang itu, pas di kelimutu gw sama dona udah mikir2 kan nh kok gw belum mens juga ya udah telat loh. sampe akirnya nyampe jakarta beli test pack, dan beneran garis dua huahaha! hebat bgt Aizar kuat banget diajak trekking macem2 ya naak!

regards,

OKS

  • Share:

You Might Also Like

0 Comments