Aizar disuruh Terapi Wicara

Aizar memang beberapa bulan ini gw ngerasa agak susah diajak ngomong. Kayak suka bengong, ditanya gak jawab, terus akhirnya karena kita takut juga nanti buat tes masuk sekolah dia sulit komunikasinya, jadi kita bawa konsul ke klinik tumbuh kembang. Klinik yang kita datengin itu Brawijaya Kemang. Simply karena pernah kesana aja sih dulu tuh pas aizar kecil buat cek tumbang juga, trus udah coba daftar klinik lain tapi dapetnya lamaa banget antrinyaa.

Nah jadi gw bikin janji sama Bu Chitra Annisya. Untuk tarif di Brawijaya Kemang sendiri untuk test observasi kesiapan sekolah : Rp 1.150.000, konsultasi Rp 475.000 / 60 menit berlaku kelipatan, administrasi Rp 60.000. Gw sendiri sekali konsul kemaren abis kenanya 750rb huhu mana gabisa reimburse hiiks.

Konsulnya itu, jadi awalnya emaknya dulu yang diajak ngobrol sama Bu Chitra berdua aja, anaknya nunggu di luar (jadi better sih kalo bawa 1 orang lagi ya untuk nemenin anak). Terus gw kayak ditanya kebiasaan anak di rumah, masalahnya apa, fokus tujuannya apa, dll. Habis itu baru si anak yang diajak ngobrol berdua dan emaknya yang disuruh keluar. Nah selama di dalem, si anak diajak ngobrol, ditanya-tanya suruh cerita, disuruh gambar, dll. Kalo aizar ada cerita sih disuruh gambar pohon, gambar rumah, sama gambar apaa gitu. Trus kayaknya dari gambar itulah nanti si psikolognya nerjemahin kedekatan si anak sama ortunya gimana hubungannya. 

Selesai sama anak, kita akan dipanggil lagi gantian. Anak bisa stay di ruangan untuk lanjut gambar sendiri, dan kita ngobrol di ruangan lain. Disitu lah dijelasin, katanya Aizar memang kemampuan bicaranya bisa, tapi untuk merangkai jadi kata-katanya ini yang dia kesulitan. Jadi sebenernya bukan dia bengong atau ditanya gak jawab, tapi dia bingung ngeluarin apa yang ada di pikiran dia itu untuk dijawantahkan jadi kalimat. Makanya kalo cerita pun dia kadang kita juga suka gak ngerti, karena itu struktural kalimatnya belum bagus, belum bisa cerita runut. Menurut Bu Chitra, Aizar termasuk tertinggal jauh kemampuan bicaranya dibanding anak seusianya, jadi harus Terapi Wicara agar nanti pas sekolah bisa ngikutin dan gak kesulitan. JEDERRR! Jleb juga hati ini ternyata dengernya walaupun sebenernya udah feeling dari awal sih. Tapi all make sense sih penjelasannya. Jadi bukannya Aizar gak bisa bicara, bisa. Bukannya gabisa diajak ngomong kok, bisa bangett. Tapii ya itu, di saat harus merangkai cerita, dia kesulitan mencari kosakatanya. 

Nah selanjutnya, untuk terapi wicara sendiri bisa dilakukan di klinik lain dengan bawa surat rekomendasi dari Bu Citra. Tapi yah, gw ini kan konsul dari tanggal 1 Agustus 2022, sampe sekarang 12 Oktober 2022 gaes gw belum dapet itu surat. Lelah gw minta-minta tiap WA ke CS kliniknya tuhh masih konfirmasi2 mulu sampe akhir agustus jadi gw gak WA2 lagi deh. Beneran aja gak gw follow up lagi ya dia juga gak ada kontak2 gw. Sangat disayangkan sih yaa.

Terus tapi setelah konsul itu, gw omongin sama suami kan yaa baiknya gimana. Suami agak kurang yakin kalo dibilang Aizar tuh tertinggal jauh dari anak seusianya gitu. Tertinggal okelah, tapi rasanya gak jauh2 amat. Sampe akhirnya tiba saatnya gw OKS (Observasi Kesiapan Sekolah) di Klinik Mutiara Edu Sensory dari sekolah yang kita lagi proses daftar, Alhamdulillaah aman lolos semua okee. Gw akhirnya pun follow up lah tanya ke psikolognya waktu itu sama Miss Amanda, apakah Aizar ini memang sudah perlu Terapi Wicara? Terus kata psikolognya belum perlu, memang betul agak tertinggal dalam merangkai kata-katanya, kayak ceritanya susah dimengerti gitu, tapi bisa kita lihat dulu 3 bulan ini setelah sekolahnya sudah offline full gitu kan. Karena mungkin kemarin itu sekolahnya online jadi kurang terstimulasi gitu ya. Again, make sense.

Berikut video Aizar kemarin pas OKS:



Jadi akhirnya sampe sekarang belum terapi2 deh haha. Tapi kemarin ini kan setelah diterima di sekolah SD Aizar tahun depan, kita dibacain kan hasil OKSnya, katanya ya harus distimulus rutin di rumah supaya pas sekolahnya nanti lancar gitu gak kesulitan. Jadi wondering apa gw cari2 terapis ke rumah aja yahh huhu agak worry sih sesungguhnya. Kalo ada info/rekomen terapis di rumah pls info yahh via DM juga bolehh maaciih.




Anyway, sebagai referensi, ini harga-harga klinik lain:

Klinik Anakku CMC:
Untuk biaya observasi sensori intergrasi 600 rb - 700 rb
Observasi behaviour 300 rb - 350 rb
Observasi bicara 300 rb - 350 rb 
Observasi okupasi 300 rb - 600 rb
Observasi fisio 300 rb - 350 rb
Kalau sudah observasi untuk biaya reguler nya hari biasa 300 rb per sesi
Hari sabtu 350 rb per sesi

Klinik Anakku Pd Pinang:
Tarif konsultasi sebesar Rp390.000 s/d 740.000,- ( tergantung lamanya sesi konsultasi)

Klinik RHE:
Rate terapi wicara: Rp 200 rb utk Senin sd Sabtu dan Rp 205 rb utk hari Minggu
Kalau belum ada surat pengantar dari dokter utk terapi, maka perlu untuk konsultasi dg dokter yg berpengalaman di bidang tumbuh kembang anak.
Nanti surat pengantar terapi nya kita tunjukkan kpd terapis, sebelum mulai terapi pertama, Terapis kita akan membaca diagnosa dari surat rujukan tsb dan saat terapi pertama akan sambil mengobservasi pola anak, karena mereka sudah tersertifikasi dan berpengalaman sehingga dapat melaksanakan program sesuai kebutuhan Ananda. Informasi dari orang tua kepada terapis mengenai kondisi dan keluhan Ananda juga di harapkan dapat di sampaikan di awal.
2 bln setelah terapi, Ananda akan di evaluasi oleh Team Dokter Tumbuh Kembang Anak Klinik RHE
Untuk melihat perkembangan nya dan di buatkan program selanjutnya sesuai hasil evaluasi

Sekian dulu yaa semoga bermanfaat. Boleh minta follow di IG dan subscribe youtube & blognya yaa untuk menyemangatiku haha.

Regards,

OKS

Post a Comment

0 Comments