Rekomendasi Dokter Kulit Jakarta Selatan

Apa itu eksim?

Jadi ceritanya kulit muka gw itu kering banget. Ada masa-masa dimana kulit gw sampe gatel dan tengah malem tanpa sadar gw garuk, sampe jadi menebal kulitnya, ngelupas2, perih, menderita pokonya. Gw udah mencoba berbagai produk pelembab tapi tetep gak ngaruh. Terus gw ke dokter kulit, dan ternyata katanya itu eksim karena kecapekan. Itu pertama kali gw tau kalo gw punya eksim.

Dokter kulitnya namanya : Dr. Jadaru, Sp.KK
Prakteknya di Hermina Jatinegara, Klinik Executive.

Apa itu eksim? Eksim itu banyak jenisnya ternyata. Jadi ceritanya gini, entah gw ada turunan alergi dari mana dari ibunya ibu atau bapaknya ibu, tapi yang jelas ada alerginya, dan dia menyerang bagian yang paling sensitif saat itu, di case gw itu kulit. Ada yg lebih sensitif di paru-paru, ya jatohnya jadi asma. Ada yg lain dimana lagi ya jadinya lain lagi. Tapi begitulah kalo di gw ya jadinya ke kulit.

Kenapa bisa kambuh? Beda-beda. Ipar gw sekeluarga semua ada eksim yang beda2 triggernya, ada yang kena sabun cuci piring, minyak kayu putih, kecapekan, keringetan, stress, dll. Kalo di gw, kalo tangan itu kalo kena sabun cuci piring iya banget. Gw baru sadar kalo dulu pas gw di Riau tangan gw sempet paraah bgt perihnya krn abis kena sabun cuci piring itu jadi ngelupas pecah dan sampe sekarang jd sidik jari di jempol gw itu ilang. Ternyataa itu eksim yee. Baru sadar sekarang telat amat. Sedih sekarang jadinya kalo tiap bikin visa ato apapun yang mesti pake sidik jari suka kesulitan. Napa dulu dokter di Pekanbaru kaga ada yang bilang itu eksim siihh huhu (curcol).

Nah kalo di muka itu kalo kecapekan/ stress. Jadi kalo kata dokternya tuh badan kita ada profil maksimum beban yang bisa kita tahan. Misal, 1 minggu kuatnya itu 70 kg. Nah mungkin di minggu itu kita lebih bebannya dan mentrigger itu. Gitu misalnya..

Daan eczema ini buibu gabisa sembuh atau pulih sepenuhnya yaa. Bisa kambuh lagi kapanpun ketemu triggernya. Jadi lebih baik ya dicegah jangan sampe ketemu si trigger itu. Dan untuk skin care/lotion, itu mesti pake yang khusus kulit sensitif/ for dry skin/ very dry skin, which is tanpa pewangi dan pemutih.

Jadi akhirnya gw dikasih obat minum dan salep, dan sumpah itu manjur banget. Muka gw langsung enak gak ngelupas-ngelupas lagii. Jadi recommended banget deh dokternya ini enak juga ngejelasinnya cocok pokoknya!

Sekian ya buibuk! Kalo ada pertanyaan sila dikomen yaa hehe

Cheers,
OKS

Post a Comment

0 Comments