Japan trip with toddler


Sebenernya gak spesifik Jepang sih, tapi ke mana aja yang namanya jalan-jalan sama toddler haruss prepare mental ya! Mentalnya bagian gimana maksudnya? Nih..

Siap-siap berangkat siang
Karena apa? makanin bocah dulu ya maak. makanin doang bisa sejam, abis itu mandiin dll. Paling pagi jam 8-9 lah berangkat mak disiapin di itinnya.

Jangan terlalu ambisius untuk dapetin banyak travel spot
Ngerti sihh mumpung lagi di Jepang (atau manapu) gitu ya mau ke banyak tempat. Tapi apa daya kalo anak lagi tantrum yang bikin mobilisasi jadi sulit, ato waktu makan juga jadi lama, dan lain-lain serentetan alasan yang gak kamu perhitungkan sebelumnya. Yes, ini gw kejadian bgt anak gw tantrum di stasiun pas kita mau pindah kereta. Jadi daripada kecewa, mending siapin itin yang lowong dari awal.

Siap kalo anak sakit
Harus siap obat semua ya maak! sama sumpah selimut di pesawat tuh pentingg! Pas berangkat kemaren kan kita naik pesawat malem ya, itu dinginnya minta ampun trus anak gw batuk2 dan muntah2 huhu. Tapi itu karena guncangan pesawatnya parah sih, gw juga pusing sampe muntah juga. Untung abis itu anak gw bisa tidur.

Kalo perjalanannya gimana? Perjalanannya fun kokk! Memang, capeknya berlipet2 karena pergi bertigaan aja. Tapi seneng aja liat anak excited naik kereta, nginep di tempat baru, dan semuanya quality time bertiga aja gitu hihi.

Kemaren kita plan ke 3 kota: Tokyo, Kyoto, Osaka. Tapii apa daya ya mak, pas kita di kyoto ternyata kena badai angin topan yang ngelewatin osaka, jadilah kita batal ke osaka dan ada 1 hari yg ngendon aja di penginapan. Penginapan kita semua pake airbnb, untungnya di Kyoto tempatnya enak. Oiya tips buat cari airbnb di Tokyo: cari yang buat minimal 5 orang deh. karena mereka itu tulis 5 org yg penting ada tempat buat gelar kasur lipet sampe 5 orang, walaupun abis kegelar itu kita gabisa begerak juga hahaa. Mungkin karena Tokyo padat penduduk gitu ya jadi tempat tinggalnya kecil-kecil.

Soo, in the end akhirnya kita cuma ke Tokyo- Kyoto - Tokyo. But it still fun, though. Oiya ini juga enaknya kalo kita jalan sendiri (tanpa travel), jadi itin kita sangat amat fleksibel. Jadi gini, liat foto di atas cakep kan? padahal kita cuma bertigaan lohh.
ko bisa?
hahha jadi pas di Shinkansen Tokyo-Kyoto, gw liat2 airbnb experience kan karena kita lagi dapet voucher experience sebesar $100, dan ketemulah 'Beautiful Photography Tour in Kyoto' ini:
https://www.airbnb.com/experiences/201876
Jadi lah deh kita tiba-tiba photoshoot keluarga! haha sambil jalan-jalan dan dijelasin juga soal tempat yang kita datengin. mayan bgt kaan!

FYI, ini airbnb pas di Kyoto:
https://www.airbnb.com/rooms/11307467
Hostnya super baik, pas tau gw bawa toddler, di rumahnya dia siapin mainan lucu2 bangeet huhu trus kita juga dijemput dan dianter ke stasiun. Rumahnya pun gedee jadi anak gw bebas lari-larian main-main. Minusnya paling agak jauh ke stasiun siih.

Untuk preparationnya, kita sewa pocket wifi, beli JR-pass, dan sekaligus minta urusin visa (karena kemaren gak sempet) sama HIS Travel. Oiya paspor gw belum e-passpor ya. ini dokumen-dokumen yang diperlukan include itin lowong kita:
https://www.dropbox.com/s/9hin9sf0jy84rzd/vish_itnr.doc?dl=0
https://www.dropbox.com/s/l1szdu2w9c9ysto/visa-application-form.pdf?dl=0
https://www.dropbox.com/s/zlohbh8h0mnasqk/visa_listI.pdf?dl=0

Jadi begitu sampe Jepang, langsung tuker JR-pass nya (lumayan antrinya yaa). JR-pass ini cuma valid 7 hari.

Segitu dulu ya moms hihi nanti mungkin gw update lagi. kalo ada pertanyaan bisa leave a comment below! See ya!

Regards,

OKS

Post a Comment

0 Comments