Cerita Sunat Aizar

Cerita Sunat Aizar


Udah lama banget pengen cerita sunat Aizar (4yo) tapi belum jadi-jadi nih. Gw coba deh cicil yaa.

Jadi ceritanya Aizar udah sunat di suna*an.com, pertengahan bulan Maret 2021 gitu. Kenapa disunat? Karenaa dia udah ISK berkali-kali (3-4x apa) gituu, dan terakhir pas mudik bulan Februari itu dia terjadi lagi lah itu tititnya merah bengkakk. Jadi kita sudah bulat deh sunat aja kasian soalnya biar gak terulang terus kan, dan apalagi katanya kalo sunatan masih kecil gini penyembuhannya cepeet paling lama seminggu, soundiing terus berkali-kali ke Aizar. Soundingnya gini: 

"Nanti Aizar kulit ujung tititnya dipotong, ujungnya ajaa kulitnya doang biar jadi kotoran gada ngumpul lagi disituu. Sebelum dipotong ada disuntik duluu sakit sedikit abis itu gak berasa lagi sakitnyaa. Jadi pertama tuh dikasih salep dulu biar kebas kulitnya, terus dibersihin, abis itu disuntik bius jd gak berasa apa-apa baru dehh digunting. Nanti juga dikasih tab loh Aizar bisa main-main jadi gakusah diliat dan makin gak berasaa"

 

Proses Sunatan

Wah udah hapal tuh sebulan kita sounding terus, udah berani dia tau mau sunatan di mall gitu biar image gak serem kan. Sebelum sunat juga foto-foto santai dia. Tiduran di kasur aman, kasih tab main-main gitu kan. Disalepin aman. Tiba pas dibersihin, gw gak liat kan karena lagi ngajakin Aizar main tab, ternyata bapak ibuu bersihinnya aja jerit-jerit anaak. Sakit katanya huhu. Abis salepin tunggu 10-15 menit kan tenang dulu tuh, pas disuntik wah makin-makin itu jeritan huhu.

"SAKIIT UDAHH UDAHH!"

dan disuntiknya bukan cuma sekali ternyata. gw gatau huhu gw selama sounding bilangnya sekali doang soalnya kan. ternyata 3 kali apa ya hiikss. sedih bangett gw dengernya sambil megangin tangannya dan dia nangis membahana.

Beres suntik gimana? Makin takut dia jadinya. Mau dipegang aja udah takut dia gamau bilang sakit-sakit padahal harusnya udah gak berasa. Akhirnya udah tuh gw alihin main tab. Selama digunting yaudah dia main tab deh aman, kasih batok, langsung turun jalan biasa lah dia lari-lari bahkan ada cem timezone soalnya kan. Maklum masih ada bius lokalnya.


After Sunatan

Sampe rumah sejam masih aman. Sunatnya kan siang ya, sorenya mulai dia nangis-nangis. Pas pipis dan mandi gak berani dia kena air atopun sabun. Dibersihin gaboleh. Sakit katanya. Padahal harusnya dibersihin biasa mandi kena air kena sabun gapapa. Tiap diobatin disalepin semprot NaCl tuh aduh dramanya luar biasa, nangis-nangis takut sakit. Setrauma itu anaknya. Ampe kita marahin juga biar nurut disalepin dengan bilangnya 'mau 2 minggu kayak gini zar gak sembuh-sembuh?? ayo makanya biar cepet sembuh seminggu main sepeda lagi harus nuruut'. Sediih banget liatnya. Sebenernya marahinnya juga gak tega tapi gimanaa.

Terus besokannya Aizar demam. Mampus lah gw udah mikir macem-macem infeksi ato apaa. Tapi ternyata barengan batuk pilek. Ya Allah bayangin luka sunat masih begitu ditambah batuk pilek huhuu. Sampe gw ngetwit gini jam 1 pagi:



Malam itu tuh gw sampe nangis ngeliatin Aizar. Itu gw lagi hamil gede loh, lahiran kan 9 April. Niatnya maksudnya yok diberesin kalo udah sunat jadi gakan ISK lagi gitu bisa fokus ke adek santai gitu. Langsung overthinking banget gw ngerasa bersalaaah banget. Kayak aduh kok gw maksain banget sih, ternyata anak gw belum siap. Belum bisa nahan rasa sakit. Masih terlalu kecil kayaknya. Kalo mau ya pas masih kecil banget atau gede sekalian gitu loh. 

Ini curahan hati gw pas masa-masa overthinking:


Proses Penyembuhan

Twit terakhir agak spoiler ya buk maap, iya jadinya gak sembuh dalam seminggu. Gw WA dokter sunatannya, katanya ya kalo cepet seminggu, 2 minggu masih normal. Tiaap hari itu gw foto titit Aizar konfirm ke dokternya ini normal gak? Kenapa sampe segitunya tau gak, karena di lukanya keluar kuning-kuning kayak nanah. Sedangkan dulu ipar gw anaknya sunatan di tempat ini katanya sembuh seminggu dan no drama, dan bekas potongannya tuh bersihh. Aizar gak loh, kek di kepalanya itu semua ketutup kuning-kuning. Kata dokternya nanti ngelotok sendiri kayak upil-upil gitu. Duh maaf ya gw ceritanya mungkin jadi jijik, tapi menurut gw ini penting biar ibu-ibu tau bisa macem-macem loh proses penyembuhan sunat bisa gak se smooth bayanganmu.

Nah biar cepet ngelotok, mesti sering-sering dikompres, berendem air dingin. Dan ngebujuk untuk mau kompres dan berendemnya itu ya masya Allah drama luar biasa SETIAP HARI. Lelah banget emang. Tapi oiya selama belum ngelotok itu bukan berarti sakit terus yah sbenernya, udah gak sakit lagi abis seminggu tapi tetep gak berani lepas batok anaknya. Lari-lari udah hajar. Cuman ya itu, takut sakit. Tapi memang kalo ngelotoknya dipaksa akan sakit sih makanya dia juga takut. Pernah ada bagian yang kek tinggal dikiit lagi ngelotok kan pengen gw goyangin dikit, dia bilang sakiit, dan emg keliatan ada merah kek darah dikit gitu jd kasih betadine deh dan yaudah kita sabar aja biar ngelotok sendiri.

Aizar sunat tgl 14 Maret, seluruh kepalanya ketutup kuning-kuning kecuali bagian lubang pipisnya aja yang gak ketutup, sampe tgl 22 maret mulai ada yang ngelotok dikit. Kek abis dikompres pake kain kasa dan NaCl tuh, suka ada yang nempel dikit-dikit di kasanya. Tgl 31 maret makin banyak yang ngelotok. Kek setiap ada yang ngelotok kita semua merayakan gitu lohh menuju titit yang bersih ya Allah. Tgl 6 april kek tinggal 1 upil gede gitu yg kesisa. Akirnya gw brojol ke RS lahiran tgl 9 April kan, upil terakhir ngelotok itu lah pas gw dirawat di RS. Aizar di rumah sama yangtinya. Final bersihnya tgl 18 April. 1 bulan lebih kan cuuy gila gak tuh, itu pun sbnernya masih ada kek sisa kulit ngelupas gitu dan masih ada bengkaknya. Gimana gak trauma gw nyunat bocah.

Apakah selesai? tidak kawan. Lanjutannya nyusul yah.


Cheers,

OKS

Post a Comment

0 Comments